Momen hari raya Idul Adha adalah momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat Islam di seluruh penjuru dunia. Tak heran bahwa di hari raya Idul Adha ini, umat Islam berlomba-lomba untuk menunaikan ibadah yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail berupa ibadah kurban.

Di tengah kegiatan haji yang dilakukan oleh sebagian umat muslim di Arab Saudi sejak dibuka kembali setelah pandemi Covid-19, seluruh umat Islam merayakan hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah yang bertepatan dengan hari Minggu, 10 Juli 2022 itu dengan berbagai suka cita.

Seperti hari raya biasanya, umat Islam terlebih dahulu menunaikan salat ied di tempatnya masing-masing. Begitu pula salat ied juga dilaksanakan oleh warga DPD LDII Magelang di beberapa titik. Setelah melaksanakan salat ied, proses penyembelihan hewan kurban dilakukan di masing-masing PAC LDII yang tersebar di wilayah Magelang.

Tahun ini, DPD LDII Magelang berhasil menyembelih hewan kurban sebanyak 81 ekor sapi serta 46 ekor kambing. Apabila digabungkan dengan DPD lain di Jawa Tengah, total hewan kurban yang disembelih oleh DPW LDII Jawa Tengah adalah sebanyak 4.744 ekor sapi serta 4.199 ekor kambing.

Kegiatan penyembelihan hewan kurban ini tidak hanya semata-mata menyembelih saja, tetapi juga pembagian hewan kurban kepada masyarakat sekitar untuk menjaga silaturahim satu sama lain. Tak hanya itu, masyarakat juga menikmati santapan khas seperti gulai, tongseng, sate, dan lain sebagainya saat kegiatan penyembelihan berlangsung.

Selain mendapatkan pahala yang sangat besar karena berkurban, umat Islam juga saling menjaga hubungan persaudaraan dengan masyarakat lainnya, termasuk umat agama lain sebagai bentuk dari toleransi antar umat beragama.

“Hikmah dari perayaan Idul Adha ini adalah mengingat sejarah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail saat menerima perintah Allah SWT dengan ikhlas dan taqwa. Maka dari itu, harapannya adalah warga supaya selalu lebih taqwa dan mendekat dalam menghadapi era akhir zaman ini agar selaku meningkatkan ibadah serta lebih kuat dalam menghadapi berbagai cobaan yang menerpa,” kata Ketua DPD LDII Magelang H Modrik Santoso SPd MPd.

Pihaknya pun berharap semoga dengan adanya kegiatan kurban tahun ini benar-benar mampu meningkatkan ibadah satu sama lain dan bisa menjumpai ibadah hari raya Idul Adha tahun-tahun berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.