Wonosobo | Sabtu, 11 Juli 2020, Pengurus Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kota dan Kabupaten Magelang mengikuti kegiatan Pelatihan Jurnalistik yang diselenggarakan oleh Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) LDII Jawa Tengah. Kegitan ini merupakan tindaklanjut dari program kerja DPW LDII Jawa Tengah.

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna DPD LDII Kab. Wonosobo ini dihadiri oleh 36 peserta, perwakilan dari 11 DPD LDII se-Eks Karesidenan Kedu dan Banyumas.

Acara dibuka dengan sambutan dari Ketua DPW LDII Provinsi Jawa Tengah, Prof. Dr. H. Singgih Tri Sulistyono, M.Hum. Menurut beliau, dengan berkembangnya media dan informasi, seringkali penyajian informasi di media tidak berdasarkan data yang valid, melainkan hanya untuk mengalihkan opini, mencari pengunjung dan untuk menyerang dan merugikan pihak tertentu. Dengan adanya kegiatan pelatihan jurnalistik, diharapkan bisa memberikan pelatihan bagi peserta untuk peningkatan literasi Green Media di Era Digital.

Materi Pertama tentang Perkembangan Media dan Media Sosial, disampaikan oleh Catur Waskito, S.S. rediktur di Tribun Jateng. “Dengan penggunaan media, kita akan bisa memviralkan berita – berita positif sehingga bisa menangkal berita – berita merugikan yang dibuat oleh pihak yang tidak beratanggung jawab”, tuturnya.

Trias Purwadi, S.Sos menyampaikan materi tentang Menulis Berita dan Press Release. Sebagai wartawan Suara Merdeka Pekalongan, beliau menyampaikan bahwa ada berbagai macam cara yang dapat digunakan untuk mencari berita yang valid; Pengamatan, Wawancara, Riset dokumentasi dan Pemotretan. Berita yang baik juga harus mengandung unsur 5W1H (What, Who, Where, When, Why, How).

Materi ketiga tentang Tata cara mengupload berita dan membangun link berita

Sesi terakhir acara, peserta juga mendapatkan kesempatan untuk melakukan penulisan berita secara langsung yang dipandu langsung oleh moderator.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.